TAHAPAN MENGECAT BAHANKULIT ASLI ATAU SINTETIS

TAHAPAN DALAM MENGECAT BAHAN KULIT ASLI ATAU SINTETIS


Pengecatan di bahan kulit asli dan sintetis pada dasarnya cukup mudah, akan tetapi tetap perlu kita perhatikan prosesnya agar hasilnya bagus dan rata. Ada beberapa tahap tergantung keadaan mulai dari persiapan hingga proses finishing. akan tetapi pada umumnya memerlukan tahap tahap di bawah ini :


  1. Bersihkan area yang ingin di cat lalu keringkan. Jika ada lapisan glaze/finisher, maka harus di hapus bagian atasnya dengan leather preparer / deglazer. Proses ini berguna untuk meghapus lapisan penutup / pelindung cat. Tujuan menghilangkan lapisan pelindung ini adalah untuk membuka pori pori agar lapisan cat baru memiliki pegangan untuk menempel. semakin banyak pori yang terbuka, maka akan semakin bagus bagi cat baru untuk menempel.
  2. Sebelum memulai proses pengecatan sangat dianjukan untuk menutupi bagian yang tidak ingin di cat dengan plakban atau isolasi. Lalu oleskan cat yang sudah di atur kekentalannya secara tipis dan merata. Jangan pernah menggunakancat yang tebal pada saat awal pengecatan. Proses ini di ulangi sebanyak 2-3 kali. Jangan lupa agar lapisan sebelumnya sudah kering benar sebelum memberi lapisan cat yang baru.
  3. Pengeringan dapat dilakukan secara alami ataupun dibantu dengan alat. Untuk cat berbahan dasar air (waterbase) dapat dipercepat dengan menggunakan heatgun/hairdryer. Dan untk cat berbahan dasar minyak/solvent (oilbase) dapat dipercepat dengan meggunakan kipas angin. setelah di percepa pengeringannya, cat didiamkan selama 15 menit untuk membiarkan uap sisa menguap.
  4. Cat agak tebal dan merata (lakukan seperti tahap 2 & 3). Langkah ini juga dilakukan beberapa kali
  5. Terakhir lapisi hasil cat dengan finisher secara tipis tanpa menekan kuas.Pastikan cat sudah benar kering sebelum diberi finisher. finisher yan gterlalu tebal atau cat yg belum kering benar akan membuat lapisan cat sedikit terangkat.
  6. Diamkan hingga benar benar kering, lalu aksesoris siap dipakai. 

Note :
1.  cat yang kami sarankan adalah merk "premium, craftman1981 & royal wolf"
2. cat merk lain mungkin memerlukan langkah yang berbeda.

CAT PREMIUM WATERBASE

CAT CRAFTMAN1981 WATERBASE

CAT CRAFTMAN1981 OILBASE


CAT ROYAL WOLF OILBASE



CAT TERSEBUT DI ATAS DAPAT DIPEROLEH SECARA ONLINE DI 

TOKOPEDIA  

omnicore, jakarta sneakerholic, do it yourself arts, the cleanique

BUKALAPAK

omnicore, craftman1981jkt, do it yourself arts, the cleanique

SHOPEE

omnicore, craftman1981jkt, do it yourself arts, the cleanique


PEMBELIAN VIA TRANSFER SILAHKAN HUBUNGI

WA 0831 9555 5922 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK DASAR PENCAMPURAN WARNA

TAHAPAN PENGGUNAAN LEATHER FILLER (dempul bahan kulit)